502 MENJANGKAU JAUH PARA PENCARI KEADILAN, SIDANG LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA BATULICIN PERDANA DI TAHUN 2023.HTML

Arsip Berita

MENJANGKAU JAUH PARA PENCARI KEADILAN, SIDANG LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA BATULICIN PERDANA DI TAHUN 2023

MENJANGKAU JAUH PARA PENCARI KEADILAN, SIDANG LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA BATULICIN PERDANA DI TAHUN 2023

Tanah Bumbu, 19 Januari 2023, Dalam upaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat pencari keadilan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Pengadilan Agama Batulicin memulai pelaksanaan sidang luar gedung atau sidang keliling perdana di tahun 2023.  Dengan berpedoman SK Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Peradilan Agama Nomor 01/SK/TUADA-AG/I/2013 tentang Pedoman Sidang Keliling di Lingkungan Peradilan Agama, pelaksanaan Sidang Keliling bertujuan menjangkau dan memberikan solusi atas problematika objektif teritorial para pencari keadilan yang terkendala jarak yang jauh.

Pelaksanaan sidang keliling kali ini diadakan di Kecamatan Angsana dan bertempatan di Aula Kantor Kecamatan Angsana. Penentuan tempat ini dianggap dapat menjangkau radius V atau radius terjauh yang berada di yurisdiksi Pengadilan Agama Batulicin.

Pelaksanaan sidang dihadiri oleh pihak-pihak yang berada di wilayah radius V yaitu Kecamatan Angsana dan Kecamatan Satui. Di waktu yang bersamaan Tim Redaksi Pengadilan Agama Batulicin, sempat berkomunikasi dan berdiskusi dengan salah satu pihak yang berperkara, mengenai pelaksanaan sidang keliling ini.

”Hal yang sangat membantu dan bermanfaat bagi kami yang tinggal jauh dari kantor Pengadilan Agama Batulicin, kami seharusnya menempuh waktu tempuh sekitar 2,5 Jam , dengan adanya pelaksanaan sidang keliling ini kami lebih dekat dan menghemat waktu dan materi” ucapnya ketika ditanyakan mengenai pelaksanaan sidang keliling.

Selain itu pelaksanaan sidang keliling ini tak akan berjalan sempurna apabila tidak terjalin harmonisasi antarlembaga, pada khususnya pihak dari Kantor Kecamatan Angsana yang telah hangat menyambut dan menyediakan ruang sidang untuk melakukan proses persidangan dengan lancar.

Harapannya, manfaat pelaksanaan sidang keliling ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam memperoleh kemudahan akses berperkara di Pengadilan Agama Batulicin. (Wjy)