Prosedur Pembayaran Biaya Perkara
PEMBAYARAN VIA BANK
- Setelah Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan disertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) awal dalam rangkap 3 (tiga) kemudian diserahkan kepada pemegang kas (KASIR).
- Kasir menyerahkan SKUM yang sudah sah kepada pihak berperkara sebagai dasar penyetoran panjar biaya perkara ke bank.
- Datang ke loket layanan bank yang sudah di tunjuk atau bekerjasama dengan PA.Batulicin (Bank Kalsel cabang Batulicin) dan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip bank dan penyetoran uang harus sesuai dengan data yang ada di SKUM, seperti nomor urut, dan besarnya biaya penyetoran.
- Menyerahkan slip pembayaran disertai dengan SKUM kepada Kasir untuk diteliti dan didata, slip pembayaran beserta SKUM yang sudah di beri tanda LUNAS dan surat gugatan atau permohonan akan dikembalikan untuk diserahkan kepada Petugas Meja Dua atau petugas Register agar dicatat dalam buku register dan mendapatkan nomor perkara.
PEMBAYARAN VIA MESIN EDC
Untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran, kini Pengadilan Agama Batulicin memberikan fasilitas berupa mesin EDC (Mesin gesek kartu) sehingga pembayaran dapat dilakukan langsung di Kasir dengan ketentuan sebagai berikut:
- Mempunyai Kartu Debit atau ATM bank yang sudah di tunjuk atau bekerjasama dengan PA.Batulicin (dalam hal ini adalah Bank Kalsel)
- Memiliki saldo yang cukup untuk pembayaran sesuai besaran biaya yang sudah ditentukan pada SKUM