462 SOSIALISASI LAPORAN AKTUALISASI LATSAR CPNS PENGADILAN AGAMA BATULICIN.HTML

Arsip Berita

SOSIALISASI LAPORAN AKTUALISASI LATSAR CPNS PENGADILAN AGAMA BATULICIN

SOSIALISASI LAPORAN AKTUALISASI LATSAR CPNS

PENGADILAN AGAMA BATULICIN

“Memperkuat Akses Keadilan Bagi Kelompok Rentan dan Integrasi Data Penetapan Asal Usul Anak Antara Pengadilan Agama Batulicin dan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil”

Batulicin, Selasa, 31 Mei 2022, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Batulicin, telah dilaksanakan sosialisasi aktualisasi yang di hadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pegawai, CPNS 2021/2022 serta PPNPN Pengadilan Agama Batulicin. 

Sosialisasi aktualisasi tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Pengadilan Agama Batulicin memiliki 2 CPNS yang telah dan sedang melaksanakan masa Latsar yaitu Krisna Adi Yogantoro, S.Kom dan Ristika Septiari, A.Md. 

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. 

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk memperkenalkan gagasan inovasi yang telah di buat oleh Kedua CPNS tersebut. Setiap peserta didik latsar CPNS Mahkamah Agung RI wajib hukumnya untuk melaksanakan seluruh program yang telah direncanakan pada Rancangan Aktualisasi yang telah dibuat dan telah di seminarkan dan Sosialisasi Aktualisasi yang dilaksanakan di satker masing-masing sesuai dengan Tema Wajib Laporan Aktualisasi Latsar CPNS Pusdiklat Menpim MA Tahun 2022 yaitu ”Memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan, yaitu perempuan, anak, dan penyandang disabilitas melalui penguatan peraturan layanan dan akses disabilitas di setiap lini”.

Ristika Septiari, A.Md yang mempresentasikan hasil aktualisasi latsar yang berjudul: Inovasi Layanan Informasi Perkara bagi Penyandang Disabilitas yang humanis dan Berkeadilan pada PA Batulicin, Isinya:

- Fitur Penunjang akses website PA Batulicin bagi disabilitas

- Video Tata Cara Berperkara disertai terjemahan bahasa isyarat SIBI

- SOP Fitur Penunjang Akses Website PA Batulicin bagi disabilitas

dengan tujuan Mengimplementasikan nilai ber-Akhlak untuk mewujudkan pelayan prima yang humanis yang berkeadilan pada Pengadilan Agama Batulicin.

cpns 1

Kemudian dilanjutkan oleh Krisna Adi Yogantoro, S.Kom mempresentasikan hasil aktualisasi latsarnya yang berjudul “Optimalisasi Kerjasama Pengadilan Agama Batulicin dengan Instansi Pemerintah Terkait Pelayanan Permohonan Asal Usul Anak melalui Aplikasi Terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu”. Permohonan asal-usul anak pada Pengadilan Agama hasilnya berupa Penetapan Pengadilan tentang asal-usul anak. Penetapan tersebut pada ujungnya digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk membuat akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi anak yang lahir di luar perkawinan yang sah secara hukum dan peratuan perundang-undangan yang berlaku. 

Selama ini Pengadilan Agama Batulicin dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu sudah bekerjasama dalam hal sidang masal penetapan asal-usul anak. Namun belum optimal, dikarenakan belum adanya sarana yang mengintegrasikan data terkait penetapan asal-usul anak, padahal persyaratan permohonan asal-usul anak dan pembuatan akta kelahiran sebagian besar hampir sama. Dengan adanya aplikasi ini, setelah ditetapkan asal-usul anak, pengadilan dapat langsung mengunggah semua persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat akta kelahiran yang ditujukan ke Disdukcapil. Sehingga Disdukcapil dapat langsung memproses pembuatan akta kelahiran bagi anak.

cpns 2

Ketua Pengadilan Agama Batulicin sangat menyambut bangga kegiatan yang dilakukan oleh kedua CPNS tersebut. Beliau juga mengharapkan bahwa program Aktualisasi yang dilakukan keduanya bisa menjadi bahan laporan pula dalam pelaporan kinerja triwulan Pengadilan Agama Batulicin berupa kontribusi inovasi.