458 PERDANA CPNS PA BATULICIN MENGIKUTI KEGIATAN PERDANA ORIENTASI CPNS OLEH DIRJEN BADILAG MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA.HTML

Arsip Berita

Perdana! CPNS PA Batulicin Mengikuti Kegiatan Perdana Orientasi CPNS Oleh Dirjen BADILAG Mahkamah Agung Republik Indonesia

Perdana! CPNS PA Batulicin Mengikuti Kegiatan Perdana Orientasi CPNS Oleh Dirjen BADILAG Mahkamah Agung Republik Indonesia

Penulis: Firman Maulana & Wijaya

 

Jum’at 22/04/2022, Bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Batulicin (PA Batulicin) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 PA Batulicin mengikuti kegiatan Orientasi CPNS di Lingkungan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan Tema “Mewujudkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Berintegritas Dengan Semangat Melayani“ yang di selenggarakan oleh Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia secara Virtual.

Peserta CPNS dari PA Batulicin terdiri dari 4 (empat) orang yaitu Firman Maulana, S.H., dan Wijaya, S.H., dari formasi CPNS Analis Perkara Peradilan (Calon Hakim), serta Marlina Rofika Dewi, A.Md., dan Ika Yanuar Sanusi., A.Md dari formasi CPNS Pengelola Perkara. Selain itu, kegiatan ini juga di peruntukkan bagi  seluruh CPNS Mahkamah Agung lainnya yang di ditempatkan di bawah lingkungan Badan Peradilan Agama yang berjumlah 1675 orang baik di Pengadilan Tingkat Pertama, Pengadilan Tingkat Banding, Mahkamah Syariah, dan Sekretariat Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung.

Rangkaian acara orientasi tersebut dimulai dengan sambutan oleh Bapak Dr. Arief Hidayat, S.H., M.H. selaku Sekretaris Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia sekaligus membuka acara kegiatan orientasi yang merupakan kegiatan perdana dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung sejak adanya penerimaan CPNS Mahkamah Agung di Indoensia.

Bapak Sekretaris yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan kepada peserta bahwa pentingnya jiwa berintegritas dan ikhlas bagi setiap pegawai di lingkungan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan harapan juga CPNS yang baru ini dapat menjadi penerus kepemimpinan di tahun-tahun mendatang demi tercapainya visi dan misi Badan Peradilan Agama untuk mewujudkan peradilan agama kelas dunia.

Selain bapak Sekretaris, narasumber lainnya yaitu Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag, selaku Direktur Pembinaan Tenaga Teknis juga menyampaikan tentang pentingnya memahami makna intergritas dan melayani dengan ikhlas dalam meningkatkan pelayanan masyarakat kepada peserta forum supaya tercapainya tujuan integritas kelembagaan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pelayanan pengadilan agama di Indonesia.

Melengkapi pemaparan narasumber lainnya, Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. selaku Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan orientasi tersebut lebih banyak menyampaikan tentang pentingnya untuk tetap rendah hati dan terus belajar meningkatkan kualitas diri disertai dengan motivasi dan sharing pegalaman karir beliau sampai bisa menjadi seperti saat ini. Beliau juga memberikan beberapa saran bagi CPNS formasi Analis Perkara Peradilan (Calon Hakim) dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Calon Hakim mendatang.

Antusias peserta kegiatan begitu nampak dari banyaknya peserta forum virtual yang hadir dari berbagai satuan kerja pengadilan agama di seluruh Indonesia ini membuat kegiatan perdana tersebut terkesan sangat meriah. Sekalipun begitu kegiatan tersebut tetap berjalan begitu tertib dan hikmat sampai akhir acara. Dengan adanya kegiatan seperti ini harapannya dapat menanamkan pemahaman jiwa integritas yang baik bagi para calon pegawai serta kegiatan ini agar terus di adakan dan di kembangkan untuk penerimaan CPNS Mahkamah Agung tahun mendatang di lingkungan badan peradilan agama di Indonesia.

1

2

3