Sidang Keliling Pengadilan Agama Batulicin di Desa Manunggal dan Angsana

Sidang Keliling Pengadilan Agama Batulicin di Desa Manunggal dan Angsana

Dalam rangka mempermudah akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan (acces to justice) sesuai kebijakan penting Mahkamah Agung tentang Justice for all dapat terealisasi, dan sesuai dengan dari SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum jo. PERMA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Sidang Keliling merupakan wujud nyata pelayanan pengadilan bagi mereka (para pencari keadilan dan atau masyarakat) yang mengalami hambatan untuk datang langsung ke Gedung Pengadilan karena jarak tempuh yang jauh, transportasi yang minim, keterbatasan biaya dan semisalnya. Dengan Sidang Keliling diharapkan para pencari keadilan dan atau masyarakat yang mengalami hambatan-hambatan tersebut tetap dapat mengakses atau mendapatkan keadilan tanpa harus mendatangi gedung pengadilan.

Pengadilan Agama Batulicin, melaksanakan sidang keliling untuk anggaran tahun 2018. Sidang keliling dilaksanakan pada hari Kamis tanggal  4 Mei 2018 di dua tempat yang berbeda, pertama bertempat  di Aula Kantor Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Kedua bertempat di Aula Kantor Camat Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, dimana keduanya merupakan wilayah yuridis Pengadilan Agama Batulicin.

Berdasarkan Surat Tugas Pengadilan Agama Batulicin Nomor : W15-A13/564/Kp.01.1/V/2018 dan Surat Tugas Nomor : W15-A13/565/Kp.01.1/V/2018, sidang keliling dibagi dalam dua majelis dengan susunan majelis sebagai berikut:

Majelis 1 (satu) Hj. Aslamiah, S.Ag., M.H. sebagai Ketua Majelis, Rofik Samsul Hidayat, S.H. dan Khalisatun Nisa, S.H.I.,M.H. sebagai Hakim Anggota, dan dari jajaran kepaniteraan didampingi oleh Wakil Panitera Drs. Ilmi dan Panitera Pengganti Muzdalifah, S.H.I.

Majelis 2 (dua) Nurul Hidayatit D. S.Ag. sebagai Ketua Majelis, Wilda Rahmana, S.H.I dan Syaiful Annas, S.H.I.,M.Sy  sebagai Hakim Anggota, dan dari jajaran kepaniteraan didampingi oleh Panitera Muda Hukum Ahmad Ramli, S.H. dan Panitera Pengganti Yahyadi, S.H.

Kepada Desa Manunggal memberikan kesan atas pelaksanaan sidang keliling, beliau mengatakan bahwa masyarakat di desa Manunggal sangat senang sekali dengan adanya program sidang keliling ini sangat membantu masyarakat, karena kebanyakan masyarakat jika melaksanakan sidang di pengadilan merasa gerogi, berbeda halnya jika sidang dilaksanakan di Aula Kantor Desa, selain lebih dekat rumah,

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan